Mari Berbagi Bacaan …

Cuaca Makin Panas!

Posted on: October 21, 2011

“Allah itu bagus dan mencintai hal-hal yang bagus, bersih dan mencintai hal-hal yang bersih, pemurah dan menyukai orang-orang yang pemurah, dermawan dan mencintai orang-orang yang dermawan. Bersihkan halaman-halaman kalian dan jangan menyerupai orang-orang Yahudi.” (HR Tirmidzi)

Global warming. Pemanasan global. Beberapa mengatakan bahwa hal ini hanya HOAX semata. Benarkah? Bagaimana dengan bukti bahwa 11 dari 12 tahun cuaca sudah semakin panas sejak 1850? Begitu pula dengan bukti bahwa Benua Antartika telah kehilangan 20% esnya, yaitu seluas dua kali lipat dari Texas! Bahkan, 2005 adalah tahun terpanas selama beberapa abad dengan kondisi cuaca yang mengerikan di beberapa tempat: Hujan salju turun di Dubai untuk pertama kalinya dan rumput sudah mulai terlihat di Benua Antartika.

Pembabatan hutan dan pembakaran minyak bumi adalah dua alasan terbesar mengapa lahir pemanasan global. Negara Amerika Serikat saja menghabiskan 1.176.000 galon minyak setiap dua menit! Perlu diketahui bersama bahwa setiap orang yang berhenti menggunakan kertas toilet, ternyata dapat menyelamatkan 400 pohon di Hutan Amazon. Percayakah kamu?

Apakah itu semua hanya catatan semu belaka? Terserah Anda untuk mempercayainya atau tidak. Yang pasti, di Bandung pun saat ini cuaca siang dan bahkan malam hari pun begitu panasnya. Beberapa rumah dan (apalagi) hotel di Bandung sudah dilengkapi dengan AC agar panasnya cuaca tak lagi mengganggu semua aktivitas kita. Dan semalam maupun malam-malam sebelumnya, sosok itu merasakan panas yang luar biasa di dalam kamar tidurnya. Hingga terpaksa tidur di ruang kerja yang memang langsung berhubungan dengan alam luar saat pintu dibuka.

Menurut Annie Hanifah dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, naiknya temperatur udara di Kota Bandung itu disebabkan oleh suhu permukaan laut di selatan Jawa yang masih dingin (PR, 20/10). “Udara panas di Kota Bandung sudah terjadi sejak 1 Oktober 2011. Saat itu, temperatur udara mencapai di atas 30 derajat Celcius. Pada tanggal 16-18 Oktober 2011, suhu udara di Kota Bandung bahkan mencapai 32 derajat Celcius,” tambahnya.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi cuaca yang sudah ekstrem panas ini? Tidak ada. Kecuali kamu semua memiliki dana cukup untuk membeli AC dan langsung memasangnya di kamar tidur. Kalau tidak, cukuplah membeli kipas angin yang murah meski hal itu pun sangat tidak dianjurkan karena kurang sehat jika dipergunakan terus-menerus. Akan tetapi, kamu bisa melakukan untuk generasi mendatang yang bisa jadi kamu tidak lagi mencicipinya. Dan tentu kamu tahu apa maksud dari sosok itu. Bukankah begitu … ^_^

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Kurangi atau berhematlah terhadap penggunaan alat-alat listrik. Yang paling sederhana adalah matikan lampu jika tidak digunakan atau matikan monitor komputer saat ditinggalkan meski sebentar.
  2. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor dan beralihlah pada moda angkutan lainnya seperti berjalan kaki jika memungkinkan, menaiki angkutan umum, atau bersepeda saja.
  3. Cintailah lingkungan dimana kamu tinggal dengan tidak merusaknya seperti tidak memotong atau menebang pohon dan membuang sampah sembarangan (ke jalan-jalan atau ke sungai). Tanamlah pohon jika memungkinkan pada lahan-lahan yang memang membutuhkannya dan rawatlah dengan baik.
  4. Ikutilah meski hanya sebagai partisipan saja pada kegiatan-kegiatan lingkungan hidup yang ada di sekolah/kampus, perusahaan, atau di kota kamu. Insya Allah hal itu akan bermanfaat bagi pengetahuan kamu. Ajaklah pula keluarga atau teman-teman kamu sehingga semakin banyak orang yang mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup secara bersama-sama.
  5. Mulailah dari sekarang juga. Esok … belum tentu kita bisa menikmati udara segarnya. Yuk, ah![]
About these ads

8 Responses to "Cuaca Makin Panas!"

hmm….bandung 30 derajat celsius..rasanya nggak percaya yah..tapi itulah faktanya..di tempat saya bintan malah lebih parah hari hari diruang tengah rumah kontrakan kami bisa sampai 34 derajat celsius…kadang dikamar yang dah ada AC nya pun masih berasa panas…hmm ngeri juga kalo pemanasan global semakin menjadi..thanks for sharing..dan semoga bisa menjalankan tips yang dituliskan diatas..

>> Iya dan memang lagi panas-panasnya. Sama2 ya, Teh …

mari merawat tanaman di sekitar kita. Jakarta beberapa hari yll sempet hujan deras, tapi sampe sekarang belum hujan2 lagi, apa karena global warming penguapan air sampe penurunan hujan itu terhambat. :(

>> Iya, mari kita jaga lingkungan kita, Put. Terima kasih …

Makasih infonya…, bermanfaat banget….

>> Sama-sama … ^_^

Belum seberapa itu.. di sini 53 derajat, hehe

>> Hah?! Emang di mana, Teh?

bekasi malah jarang hujan padahal jakarta sudah beberapakali

>> Hiks! Turut berduka cita, Teh. Semoga sebentar lagi hujan ya … ^_^

mungkin perlu ada kesadaran keseluruhan dari pemerintah dan masyarakat untuk menanggulanginya bersama. biar panasnya gak makin hebat nih.

>> Iya, yuk mareee … kita sama2 mengingatkan

Saya suka cuaca yang terik. Saya suka berkeringat. Dan saya cinta Surabaya. *lho?* :lol:

>> Masa? ^_^

di jogja, seorang teman kos yg supir taksi berkata bahwa suhu berdasarkn ukuran temperatur di mobil taksi, mencapai 42 derajat terkadang, duh panasnya…

>> Masya Allah … sampai segitunya? Semoga bumi kita khususnya di Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang jika masyarakatnya peduli pada lingkungan sekitar. Amin …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Forum Lingkar Pena

Blog Stats

  • 248,741 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 231 other followers

%d bloggers like this: