Mari Berbagi Bacaan …

8 Keutamaan Ramadhan

Posted on: August 1, 2011

Dalam duabelas bulan selama satu tahun, bulan kesembilan, bulan Ramadhan, adalah bulan yang sangat utama. Bulan penghulu segala bulan. Rasulullah saw. pernha bersabda, “Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan dan hari yang paling utama adalah hari Jumat.

Rasulullah saw. kemudian melanjutkannya, “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah. Pada bulan itu, Allah Swt. memberikan naungan-Nya kepada kalian. Diturunkan-Nya rahmat, dihapuskan-Nya kesalahan-kesalahan (dosa-dosa), dan dikabulkan-Nya doa pada bulan itu. Allah Swt. akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah Swt. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat rahmat Allah Swt.” (HR. Ath-Thabrani)

Dan inilah 8 (delapan) keutamaan bulan Ramadhan itu.

  1. Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah untuk mencapai takwa. Melaksanakan shaum Ramadhan hukumnya adalah fardhu ‘ain yang bertujuan menyempurnakan ketakwaan.
  2. Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran. “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia.” (QS. Al-Baqarah, 2: 185)
  3. Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan dosa. “Barang siapa yang melakukan ibadah pada malam hari bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan ridha Allah, dosa-dosanya yang telah lalu diampuni.” (Muttafaqun ‘Alaihi)
  4. Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya amal saleh. “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Alalh dengan satu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim)
  5. Bulan Ramadhan adalah bulan sabar. Surga adalah balasan bagi orang yang sabar. Khusus bagi yang berpuasa, disediakan pintu khusus yang bernama Rayyaan untuk memasuki Surga.
  6. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahkannya rezeki orang Mukmin. Barang siapa yang memberikan untuk berbuka kepasa seorang yang berpuasa, balasannya adalah ampunan terhadap dosa-dosanya, dirinya dibebaskan dari neraka, dan dia mendapat pahala sebesar pahala yang didapat orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang tersebut.
  7. Bulan Ramadhan adalah bulan yang pada awalnya terdapat rahmat, pada tengahnya terdapat ampunan, dan pada akhirnya terdapat pembebasandari neraka. “Apabila masuk bulan Ramadhan dibuka pintu rahmat (kasih sayang) dan ditutup pintu jahanam dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Ahmad)
  8. Bulan Ramadhan memiliki satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan pada bulan lain, yakni malam Lailatul Qadar.[]

Sumber: Panduan Aktivitas Ramadhan, Sygma Publishing.

Baca juga artikel yang berkaitan atau melihat daftar isi

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Takumi Blog Competition

Archives

Forum Lingkar Pena

Blog Stats

  • 206,512 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 186 other followers

%d bloggers like this: